Menu

Persamaan Dan Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan?

Hewan dan tumbuhan didunia ini tersusun atas sel sel dimana keduanya memiliki fitur yang hampir sama. fitur yang sama sama dimiliki sel hewan dan tumbuhan tersebut sama seperti nukleus, membran sel, mitokondria, ribosom dan sitoplasma. Ada beragam persamaan antar sel hewan dan tumbuhan tersebut. tetapi bukan berarti keduanya sama, sebagai makhluk yang berbeda pastinya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebenarnya apa saja perbedaan sel hewan tumubuhan tersebut? Untuk mengetahui lebih lengkapnya berikut ini ulasannya untuk kalian.

Persamaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Sebelum kita menginjak pembahasan perbedaannya, terlebih dahulu kita mengulas persamaan yang dimiliki keduanya. Ada beberapa organel sel dari keduanya yang memiliki fungsi sama. Persamaan yang pertama hadir dari inti sel, dalam inti sel tersebut mengandung materi genetik yang mampu mengontrol aktivitas sel. Peranan inti sel tersebut memang sangat penting dan paling utama, sehingga sangat pas bila keduanya memiliki inti sel dengan fungsi yang sama. Persamaan sel hewan dan tumbuhan yang kedua hadir dari sitoplasma, dimana proses kimia banyak terjadi dalam bagian ini. Sitoplasma sendiri dikendalikan oleh enzim yang terdapat didalam sel tumbuhan dan hewan. Persamaan lainnya yakni sama sama memiliki ribosom, yang mana ribosom tersebut berguna melakukan sintesis protein baik pada sel hewan maupun sel tumbuhan. Sedangkan untuk mengatur pergerakan zat yang masuk dan keluar dari sel, keduanya sama sama memiliki membran sel untuk fungsi tersebut.

Belum selesai sampai disini, persamaan keduanya juga memiliki mitokondria, dimana mitokondria tersebut berguna untuk menghasilkan energi serta proses respirasi. Baik itu sel hewan dan tumbuhan juga mempunyai Retikulum Endoplasma. Retikulum Endoplasma adalah organel yang terikat pada membran yang terangkai menjadi serangkaian struktur kantung untuk membantu produksi protein serta lipid dan juga pengangkutan ke Aparatus Gorgi. Retikulum Endoplasma itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni Retikulum Endoplasma kasar dan halus. Retikulum Endoplasma kasar memiliki peran mengangkut protein, serta membantu Retikulum Endoplasma halus dalam memproduksi lipid. Persamaan lainnya juga terdapat dari badan Golgi, badan Golgi merupakan struktur seperti kantung pipih yang dapat menerima dan memproses protein dari Retikulum Endoplasma. Setelah itu mengangkut mereka keberbagai lokasi diberbagai lokasi didalam sel, ataupun mengirim mereka keluar sel.

Perbedaan Yang Signifikan Antara Sel Hewan Dan Tumbuhan

Kini saatnya kita mengupas lebih dalam mengenai perbedaan sel hewan tumbuhan, perbedaan keduanya dapat dilihat dari organel khas yang hanya akan dimiliki masing masing sel. Sel hewan memiliki lisosom, sentriol serta flagel yang tidak dimiliki sel tumbuhan. Sedangkan sel tumbuhan memiliki vakuola, dinding sel, dan kloroplas. Organel tersebut tidak akan kalian temukan didalam sel hewan. Dinding sel yang terdapat pada sel tumbuhan ini memiliki fungsi untuk memperkuat sel. Sedangkan kloroplas dalam sel tumbuhan berfungsi untuk menyerap energi, sebab klorofil tersebut mengandung senyawa klorofil yang mampu menyerap energi serta berperan penting dalam fotosintesis. Pastinya kalian telah sangat paham mengenai kegunaan fotosintesis bagi tumbuhan bukan. Beda sel tumbuhan dan hewan terdapatnya vakuola dalam sel tumbuhan, vokuola permanen tersebut berisi dengan getah sel untuk membantu menjaga turginitas sel. Sebenarnya beberapa sel hewan adapula yang memiliki vokuola tersebut, namun hanya beberapa sel hewan saja dan itupun dalam ukuran yang sangat kecil. Sehingga tetap berbeda dengan vokuola yang ada dalam sel tumbuhan. Wadah penyimpanan cadangan makanan antara sel hewan dan tumbuhan juga berbeda. Untuk sel tumbuhan, cadangan makanan berupa butir butir zat pati.

Sedangkan pada sel hewan cadangan makanannya telah berupa glikogen. Perbedaan sel hewan tumbuhan akan terlihat pula dari sentriol, sentriol memiliki bentuk seperti tabung yang berada didekat nukleus. Sentriol itu sendiri merupakan organel yang hanya akan ditemukan di sel hewan, yang mana sentriol tersebut memiliki fungsi utama membantu proses pembelahan sel. Sentriol juga berperan dalam pembentukan serat gelendong yang memisahkan kromosom selama terjadi proses mitosis atau pembelahan sel terjadi. Perbedaan selanjutnya adalah lisosom yang hanya akan ditemukan dalam sel hewan, Lisosom itu sendiri berperan sangat penting untuk sel. Beberapa enzim yang terkandung didalam lisosom adalah nucleases yang akan memecahkan asam nukleat. Protease yang berguna untuk memecahkan protein, enzim lipase yang mampu memecahkan lipid, serta karbohidrat yang juga memecahkan karbohidrat. Bila organel tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka sangat berbahaya bagi tubuh dan hewan dapat terserang beberapa penyakit.

Cara Mudah Membedakan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Setelah kita mengupas perbedaan yang ada didalam bagian sel, ada cara mudah membedakan sel hewan dan tumbuhan bila dilihat dari mata telanjang. Tumbuhan dan hewan tentunya sangat jelas berbeda. Hewan dapat bergerak aktif sedangkan tumbuhan cenderung pasif, hal ini disebabkan karena bentuk sel tumbuhan yang kaku dan tidak fleksibel. Mengapa sel tumbuhan tidak fleksibel? Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa, sel tumbuhan memiliki dinding sel beda halnya dengan sel hewan yang tak berdinding. Sehingga sel hewan bersifat fleksibel dan dapat berubah ubah. Selain itu bentuk ukuran sel tumbuhan cenderung lebih besar dibandingkan dengan ukuran sel yang dimiliki sel hewan.

Itulah dia sedikit ulasan kita mengenai perbedaan sel hewan tumbuhan yang dapat kalian pelajari dan ingat ingat kembali. Agar mempermudah dalam mengingat, sebaiknya kalian membuat sebuah tabel antara persamaan dan perbedaan tersebut. Dengan tabel tersebut pastinya dalam mempelajarinya akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *