Menu

Apakah Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan?

Hai sobat, senang sekali nih ketemu kalian lagi, sebentar lagikan ujian nih udah pada belajar belum? Dulu sih waktu sekolah pelajaran yang paling bikin pusing menurut aku itu pelajaran fisika, kimia, matematika hehe berbeda dengan biologi. Menurutku pelajaran IPA yang cukup mudah ya biologi, karena kita cukup mempelajarinya saja. Dengan bertemakan biologi, by the way kalian tahu nggak apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? Hayo masih ingat apa udah kabur entah kemana? Hehe becanda ya. Kali ini kita akan mengulas mengenai apa sih perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan itu? Untuk lebih lengkapnya lagi yuk kita mulai ulasan pada artikel kali ini.

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan

Mari kita awali langkah kita dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu. pengertian pertumbuhan adalah proses menambahkan volume, tinggi atau massa hidup tubuh suatu makhluk hidup yang biasanya bersifat kuantitatif atau dapat dihitung dengan angka. Pertumbuhan ini kebanyakan dapat dilihat dari fisik makhluk hidup tersebut. Proses pertumbuhan tersebut dapat terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel, biasanya pertambahan jumlah sel tersebut dikarenakan adanya pembelahan sel. Pada umumnya pertumbuhan ini akan terbatasi oleh usia, maknanya pada usia tertentu makhluk hidup tersebut sudah tidak dapat tumbuh lagi atau berhenti tumbuh. Dapat kita contohkan pertumbuhan ini layaknya pertumbuhan tinggi badan seseorang. Tinggi badan akan terhenti dalam usia tertentu dan sudah tidak dapat bertambah lagi.

Berbeda dengan perkembangan, pengertian pertumbuhan dan perkembangan juga berbeda. Pengertian perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang memiliki sifat kuantitatif atau tidak dapat dihitung dengan angka dan lebih dapat dilihat dari segi fungsionalnya. Dengan adanya perkembangan tersebut makhluk hidup akan menjadi makhluk hidup yang sempurna seutuhnya. Berbeda dengan pertumbuhan yang dibatasi oleh usia, perkembangan tidak dibatasi oleh usia, artinya makhluk hidup akan terus berkembang hingga sempurna. Untuk memperjelasnya dapat kita contohkan proses perkembangan seorang manusia yang dari lahir hanya bisa menangis menjadi dapat berbicara, berdiri dan berjalan. Paham kan?

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan

Bila kalian memahami betul mengenai pengertian yang telah kita ulas tadi pastinya telah ada sedikit gambaran mengenai perbedaan pertumbuhan perkembangan. Mari kita perjelas lagi sedikit perbedaan tersebut. Perbedaan pertama pertumbuhan memiliki sifat kuantitatif (dapat dihitung dengan angka) sedangkan perkembangan memiliki sifat kualitatif (tidak dapat dihitung dengan angka). Singkatnya hanya berbeda sifat antara kuantitatif dan kualitatif. Perbedaan selanjutnya pertumbuhan cenderung terlihat secara fisik, maksutnya dapat dilihat dengan mata telanjang. Sedangkan perkembangan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, karena perkembangan terlihat dari sifat dan kemampuannya. Sebagai contoh untuk memperjelasnya, kita dapat melihat seseorang yang bertubuh pendek dan bertubuh tinggi.

Secara pertumbuhan, mereka akan langsung terlihat perbedaannya, namun secara perkembangan perlu pendalaman terhadap keduanya. Kemudian beda pertumbuhan dan perkembangan adalah batasan, pertumbuhan memiliki batas pertumbuhan yakni usia. Sedangkan perkembangan tidak dibatasi oleh usia. Pertumbuhan pula bersifat irreversible artinya tidak dapat balik atau kembali. Sedangkan perkembangan bersifat reversible artinya dapat balik atau kembali. Tinggi badan seseorang tidak dapat menurun atau kembali pendek, sedangkan kedewasaan seseorang dapat berubah ubah. Sebuah perkembangan akan dipengaruhi oleh suatu pengalaman, sedangkan pertumbuhan akan dipengaruhi oleh pembelahan sel tubuh.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Ternyata ada faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tersebut. dan secara umum faktor inipun terbagi menjadi dua, yakni faktor dari dalam tubuh atau internal dan faktor pengaruh dari luar tubuh atau eksternal.

  1. Faktor internal
  2. Genetik

Genetik atau yang sering disebut dengan gen ialah faktor pembawa sifat pada suatu makhluk hidup yang akan menurun pada keturunan makhluk hidup tersebut. Secara umum, gen akan mempengaruhi ciri fisik dan juga sifat makhluk hidup. Oleh sebab itu gen memiliki peranan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Jadi setiap spesies makhluk hidup memiliki sifat dan ciri tertentu untuk diturunkan pada keturunannya. Contoh kata, seekor ayam tidak akan bertelur dan menetaskan seekor kucing, inilah sebab adanya pengaruh genetik dalam pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Hormon

Hormon ialah senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur berbagai aspek yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Meskipun hormon ini memiliki jumlah yang sedikit, tetapi sangat berpengaruh bagi makhluk hidup terutama manusia. Misalnya saja seorang anak yang terganggu kecepatan pertumbuhan dan perkembangannya biasanya dipicu karena kekurangan growth hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis.

  1. Makanan atau nutrisi

Nutrisi memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, inilah sebabnya setiap makhluk hidup memerlukan nutrisi yang lengkap. Bila nutrisi tersebut tidak terpenuhi secara sempurna, sudah dapat dipastikan jika pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup akan terganggu bahkan terhambat. Ada tiga nutrisi penting yang harus terpenuhi oleh manusia agar mampu tumbuh serta berkembang dengan optimal. Nutrisi ini ialah karbohidrat, lemak dan protein.

  1. Faktor eksternal
  2. Suhu

Semua makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang dalam sebuah suhu yang berbeda, contohnya saja tumbuhan akan mengering dan mati bila berada di daerah yang memiliki suhu terlalu panas.

  1. Cahaya

Cahaya juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, sebagai contoh biji kacang hijau yang diletakkan ditempat gelap tidak dapat tumbuh menjadi kecambah.

Selesai sudah ulasan kita mengenai perbedaan pertumbuhan perkembangan. Sudah paham bukan? untuk mempermudah pemahaman mengenai pertumbuhan dan perkembangan, kalian dapat membuat tabel perbedaan antar keduanya. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *