Menu

Mengenali Baju Adat Papua Serta Asal Mulanya

Papua adalah salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan adat dan budaya. Budaya Papua sangat mudah dikenali karena pakaiannya dan juga aksesoris yang dikenakan. Orang Papua menjadi salah satu yang memiliki warna kulit sangat eksotis. Wilayah di Papua masih sangat hijau dan bisa dikatakan belum modern seperti di Jakarta sehingga belum begitu tersentuh modernisasi global. Sebagai masyarakat Indonesia memang seharusnya bangga dan ikut melestarikan kebudayaannya termasuk baju adat Papua. Masyarakat Papua sering menggunakan baju adat ini untuk berbagai acara tradisional atau bahkan masih sering digunakan untuk acara sehari-hari. Baju adat Papua memang cukup bervariasi mulai dari baju yang terbuat dari bahan alam hingga pakaian adat yang sudah lebih modern dan tertutup.

Baju adat yang unik

Baju adat masyarakat Papua sangatlah unik karena memiliki desain yang tradisional dengan aksesoris dan perlengkapan senjata yang juga masih sangat tradisional. Baju antara laki-laki dan perempuan tidak terlalu jauh berbeda. Baju ini biasanya dikenakan ketika acara adat atau untuk acara special tertentu. Baju ini menjadi identitas bagi para masyarakat di Papua. Baju yang anggun dan juga tertutup memang saat ini sudah menjadi baju adat di Papua. Anda tentu juga pernah melihat baju adat Papua bagian dalam yang masih mengenakan baju model koteka yang sangat terbuka dan hanya menggunakan bahan alam sederhana.

Baju yang serasi

Kedua baju adat Papua baik untuk laki-laki atau perempuan memiliki persamaan pada bahan pakaian dan modelnya yang tidak jauh berbeda namun disamping itu tentu juga ada perbedaan. Baju adat model yang baru ialah tertutup hingga ke bawah lutut sehingga lebih terlihat sopan. Model bawahan dan atasan pada pakaian adat ini juga terlihat mirip. Pelengkap baju adat adalah aksesoris yang cukup lengkap seperti penutup kepala yang memiliki hiasan burung cendrawasih, galang, kalung, ikat pinggang, manik-manik, dan dan juga rumbai untuk pergelangan kaki. Masyarakat saat ini sudah lebih mengerti mengenai pakaian yang nyaman dan menutup badan dengan baik.

Senjata yang melengkapi

Keunikan lain dari baju adat Papua adalah adanya senjata yang melengkapi pakaian. Orang Papua masih sangat mengandalkan senjata tradisional untuk berburu dan untuk melakukan banyak hal lainnya. Baju adat masyarakat Papua dilengkapi dengan tombak dan juga perisai yang terbuat dari kayu. Selain itu, ada juga yang dilengkapi dengan panah. Senjata ini menggambarkan bahwa masyarakat Papua sangat senang berburu dengan peralatan yang masih sangat tradisional. Jika anda datang ke Papua, anda akan melihat bentuk perisai yang panjang dengan gambar ukiran yang sangat cantik. Hal ini juga menjadi salah satu yang menarik dari baju atau pakaian adat masyarakat Papua.

Senjata yang melengkapi baju adat orang Papua biasanya di bawa oleh yang laki-laki sedangkan perempuan tidak membawa. Baju adat ini sangatlah tradisional dan benar-benar menggambarkan kehidupan masyarakat Papuaa. Burung cendrawasih yang menjadi penghias kepala juga merupakan burung khas Papua yang dilindungi. Masyarakat terkadang juga mengenakan pakaian tradisional yang masih berupa koteka. Meskipun sudah cukup modern namun masyarakat sana juga masih banyak yang mencintai pakaian ini. Keunikan baju adat ini sangatlah jelas terlihat baik dari modelnya, cara pemakaian, dan juga bahan yang digunakan.

Masyarakat Papua adalah bagian dari Indonesia yang juga kaya akan adat dan istiadat. Kita sebagai masyarakat Indonesia perlu untuk ikut melestarikan budaya. Mengetahui baju adat Papua akan membuat anda lebih mengenal kekayaan budaya dari setiap bagian wilayah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke Papua maka anda bisa melihat langsung bagaimana pakaian adat yang sering digunakan oleh masyarakat di sana. Baju adat di tiap daerah memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Di daerah anda juga tentu memiliki pakaian adat sendiri. Anda harus bangga dan ikut melestarikan baju adat yang ada di daerah anda agar tetap ada sampai kapanpun.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *