Menu

Mengenali Baju Adat Kalimantan Yang Eksotik

Kalimantan adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Kalimantan terbagi menjadi beberapa wilayah. Berikut ini adalah baju adat Kalimantan bagian timur. Baju adat menjadi salah satu icon dari setiap daerah di Indonesia. Hampir di setiap wilayah dengan adat yang sangat kental akan memiliki baju adat. Baju adat biasanya dikenakan pada acara adat dan acara-acara yang istimewa seperti pernikahan dan acara yang lainnya. Mengetahui mengenai baju adat setiap daerah di Indonesia bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat sehingga seseorang bisa lebih menghargai dan mengenal kebudayaan setiap wilayah di Indonesia.

Pakaian adat Kalimantan timur biasanya digunakan untuk acara-acara yang penting seperti pernikahan atau acara adat yang lainnya. Pada masa kerajaan Kutai, pakaian adat ini digunakan oleh para keluarga kerajaan. Saat ini baju adat ini sudah lebih fleksibel sehingga siapa saja bisa mengenakannya. Beberapa contoh upacara adat yang menggunakan baju adat adalah seperti ketika sedang berlangsung tarian ganjur, mendirikan ayu, penurunan naga, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain mengenali baju adatnya, anda juga bisa mencoba untuk mencari tahu acara adat yang ada di sana.

Baju yang cantik dan lengkap

Baju adat orang Kalimantan biasanya terdiri dari baju atasan, bawahan, dan juga penutup kepala. Tutup kepala untuk laki-laki adalah seperti kopiah yang terdapat kancing emas di bagian kanan dan kirinya. Bawahan untuk laki-laki adalah celana panjang yang nantinya akan dilengkapi dengan alas kaki. Bahan untuk baju model palembangan adalah dari sutera. Begitu juga untuk pakaian adat yang dikenakan oleh perempuan juga tidak boleh sembarangan ketika sedang melakukan acara adat di Kalimantan. Menari ganjur memang menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat Kalimantan timur yang penarinya harus mengenakan pakaian adat.

Pakaian adat untuk wanita

Bagi wanita, baju adat Kalimantan yang dikenakan juga berbeda. Baju yang dikenakan terdiri dari tutup kepala yang disebut dengan bolang, baju dan juga celana. Baju yang dikenakan memiliki bahan yang sangat unik dengan banyak warna. Semakin tinggi drajat si pemakai maka akan semakin banyak warna yang digunakan. Selain itu, baju juga dilengkapi dengan rumbai-rumbai yang merah. Aksesoris lain yang dikenakan adalah dodot rambu yang merupakan umbai emas yang akan membuat pemakainya terlihat begitu cantik.

Adat masyarakat di Kalimantan masih sangat kental. Pakaian untuk acara pernikahan akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya karena memang masih sangat kental perbedaan golongan atau kelas di masyarakat. Bagi yang masih memiliki darah atau keturunan kerajaan maka pakaiannya juga akan semakin meriah. Baju adat masyarakat Kalimantan sangatlah menarik dan juga cantik saat dikenakan. Aturan pemakaian baju adat juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Masyarakat harus mengikuti aturan yang telah dibuat.

Sebenarnya baju adat Kalimantan untuk acara pernikahan yang sering dikenakan oleh keturunan raja juga boleh dikenakan oleh masyarakat biasa karena kududukan masyarakat juga terhormat di mata social namun karena memang terkadang seseorang merasa kurang pantas sehingga baju adat pernikahan untuk keturunan raja dan masyarakat bisa terlihat berbeda. Namun saat ini karena pemerintahan sudah tidak berbasis kerajaan maka pakaian yang dikenakan sudah semakin bebas dan tidak harus berdasarkan dengan kedudukan. Baju adat untuk pernikahan terdiri dari baju hitam lengan panjang dengan bahan bludru dan memiliki kerah yang tinggi. Ada hiasan pasmen di dada sehingga terlihat cantik. Untuk celana sangatlah serasi dengan atasan.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *