Menu

Mengenali Asal Usul Baju Adat Dayak

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya baik alamnya maupun budayanya. Jika anda ingin lebih mencintai negara Indonesia maka akan ada baiknya jika anda mengetahui mengenai adat dari setiap wilayah. Berikut ini adalah informasi mengenai pakaian adat dari masyarakat suku dayak yang sangat menarik untuk anda ketahui. Baju yang dikenakan untuk acara adat suku dayak sangatlah unik dan juga special. Anda bisa melihatnya ketika datang ke wilayah dari suku dayak. Baju dengan desain yang unik dan juga dari bahan yang menarik. Setiap wilayah di Indonesia memang memiliki pakaian khasnya masing-masing. Baju adat menjadi salah satu icon yang menunjukkan identitas setiap wilayah. Baju adat dayak berikut ini akan semakin membuat anda lebih mengagumi keragaman di Indonesia.

Baju adat yang dikenakan oleh masyarakat dayak sangatlah beragam karenaa suku dayak juga terbagi menjadi beberapa bagian. Baju adat suku dayak yang pertama adalah baju yang sering dikenakan untuk acara adat atau acara tradisonal yang sering dilakukan oleh masyarakat dayak. Acara tradisional yang sering menggunakan baju adat dayak salah satunya adalah acara pernikahan. Setiap wilayah tentu juga sering menggunakan baju adat untuk acara istimewa semacam ini. Corak dari baju adat ini sangatlah unik dan juga begitu menonjol. Baju ini memiliki corak seperti kulit harimau dan sering digunakan oleh keturunan bangsawan.

Busana Suku Dayak Kenyah

Masyarakat dayak yang berada di wilayah Kalimantan timur biasanya disebut sebagai suku dayak kenyah. Masyarakat di sana memiliki baju adat yang bernama sapeisapaq yang dikenakan oleh kaum pria dan Ta’a yang dikenakan oleh kaum wanita. Baju untuk wanita biasanya terdiri dari ikat kepala bernama da’a, baju atasan bernama sapei inoq dan juga bawahannya bernama taa dengan desain rok. Baju adat dayak untuk pria terdiri dari cawat atau celana pendek yang ketat. Aksesoris yang dikenakan adalah berupa ikat pinggang bernama Mandau. Corak pakaian yang digunakan seperti burung enggang.

Busana Suku Dayak Ngaju

Masyarakat dayak yang berada di Kalimantan tengah memiliki baju adat yang juga sangat istimewa dan juga khas. Baju untuk kaum pria biasanya menggunakan rompi dan juga bawahan yang panjangnya hingga menutupi lutut. Untuk ikat kepala yang dikenakan oleh pria biasanya terbuat dari bulu enggang dan juga dilengkapi dengan aksesoris kalung manik-manik. Baju adat orang dayak untuk kaum wanita juga berupa rompi, rok berupa kain, ikat kepala yang terbuat dari buku enggang juga, gelang, ikat pinggang dan juga kalung manik-manik. Aksesoris yang melengkapi baju adat masyarakat dayak memiliki fungsi yang cukup penting karena mendukung kesan tradisional pada pakaian tersebut.

Busana Suku Kutai

Pakaian adat dayak memiliki sangat banyak jenis dan yang selanjutnya adalah baju adat untuk suku Kutai. Baju adat yang dikenakan oleh masyarakat Kutai sangatlah mencolok. Hal ini dikarenakan sering dikenakan untuk acara pernikahan keturunan raja sehingga sangat mewah. Baju ini terbuat dari bahan bludru berwarna hitam. Untuk mempelai wanita biasanya didandani dengan sanggul seperti wanita jawa. Aksesoris yang dikenakan juga sangat lengkap. Pakaian untuk kaum laki-laki juga sangat menarik karena baju lengan panjang dan celana panjang sangatlah serasi. Untuk menambah kesan tradisional dipasangkan dodot diluar celana. Masyarakat dayak memang sangat kaya akan baju adat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Baju Bulang Kuurung dan Burai King

Selain baju adat dayak yang telah disebutkan, masyarakat dayak juga memiliki jenis yang lainnya. Baju ini masih belum dikenal oleh masyarakat diluar wilayah karena baju ini sering dikenakan oleh mereka memiliki profesi sebagai dukun. Pakaian ini memiliki nama Bulang kurung dan juga bulang king. Baju yang sering dikenakan oleh dukun di suku dayak memiliki lengan pendek atau bahkan tanpa lengan namun ada juga yang memiliki lengan panjang. Baju yang bernama Bulung Burai king adalah baju yang sangat terkenal di suku dayak karena paling sering dikenakan untuk berbagai upacara adat. Baju ini memiliki manik yang cantik dan juga dihiasi dengan bulu burung yang sangat rapi dan begitu indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *