Menu

Mengenali Asal Usul Baju Adat Betawi

Keragaman budaya Indonesia memang sangat mempesona. Hal ini juga yang menjadi Indonesia memiliki daya tarik yang sangat luar biasa di mata manca negara. Salah satu suku di Indonesia yang juga memiliki budaya dan adat yang sangat mempesona adalah Betawi. Masyarakat betawi memiliki budaya yang unik dan juga sangat khas. Anda bisa melihat keindahan budaya betawi dengan melihat baju adat betawi. Baju adat adalah salah satu icon dan juga symbol dari masyarakat tersebut. Anda bisa melihat atau mencoba untuk mengenakannya pada acara-acara adat. Baju adat untuk pria dan wanita memiliki perbedaan dan juga persamaan.

Pakaian untuk laki-laki dalam keseharian dan acara adat

Baju adat di betawi untuk kaum laki-laki berbeda dengan yang dikenakan perempuan. Baju adat yang sering digunakan untuk pakaian sehari-hari cukuplah sederhana seperti baju koko, celana batik, kain pelekat yang biasa dislempangkan di pundak dan yang terakhir adalah peci. Jika anda datang ke betawi maka akan sangat sering melihat masyarakat disana mengenakan baju semacam ini. Baju ini menjadi ciri khas yang sangat terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Baju adat masyarakat betawi untuk acara adat seperti pernikahan tentu akan sangat berbeda. Acara pernikahan seperti di tempat lain juga memiliki keunikan. Baju adat di betawi juga sangat menarik dengan banyak aksesoris yang melengkapinya. Baju adat masyarakat betawi untuk pengantin laki-laki biasanya berupa jubah bludru dengan warna merah.

Pakaian adat untuk perempuan

Pakaian adat untuk wanita atau perempuan betawi juga bisa dikatakan sangat sederhana. Para wanita betawi biasanya mengenakan baju kurung dengan lengan pendek. Di bagian depan biasanya terdapat saku dengan warna yang sangat mencolok. Untuk bawahannya biasanya mengenakan sarrung batik dengan warna yang cerah juga. Selain itu, biasanya juga mengenakan kerudung yang sederhana dan sangat serasi. Pakaian adat betawi untuk perempuan sangatlah sederhana namun juga sangat khas. Untuk baju adat masyarakat betawi di acara pernikahan. Baju pengantin perempuan sangatlah meriah. Baju adat untuk acara pernikahan memang sekilas terlihat kesan adat Cinanya. Warna yang digunakan biasanya hitam atau merah hati. Aksesoris cadar yang berkilauan juga menjadi pelengkap baju adat tersebut.

Dandanan atau riasan untuk pengantin wanita sangatlah menarik. Saat ini tata rias pengantin sudah sangat modern sehingga kesan cantik benar-benar terlihat pada riasan wanita. Bawahan atau rok yang dikenakan untuk acara pernikahan bernama Kun dengan desain duyung atau rok yang lebar di bagian bawahnya. Warna yang serasi dengan atasan membuat penampilan wanita betawi begitu istimewa. Baju adat ini semakin berkesan ketika sudah di kombinasikan dengan aksesoris seperti kalung, anting, gelang, dan yang lainnya. wanita betawi biasanya diberi sanggul palsu agar terlihat lebih feminine. Baju adat orang betawi sangatlah cantik dan memang membanggakan bangsa. Anda bisa melihat baju adat masyarakat betawi di pameran baju adat, atau bisa melihat langsung ketika berkunjung ke betawi.

Baju adat betawi baik untuk laki-laki dan perempuan, semuanya memiliki keistimewan tersendiri. Baju adat untuk acara yang sacral memang sangatlah menarik sekali. Anda bisa melihat keunikan budaya betawi dari pakaian yang dikenakan di kehidupan sehari-hari terutama pada masyarakat yang masih tradisional serta di acara adat yang sering diselenggarakan. Baju adat betawi selain sering digunakan untuk acara pernikahan, sering juga dipakai oleh penari tradisional, atau acara lainnya, Baju yang berwarna mencolok dengan aksesoris yang sangat lengkap memang menjadi ciri khas masyarakat betawi asli.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *