Menu

Inilah Manusia Terbesar Dan Terkecil Di Dunia 2017

Di dunia ini ada banyak hal yang unik dan mencengangkan. Manusia diciptakan dengan adanya keunikan tersendiri. Manusia yang ada di berbagai belahan dunia memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Seperti ada manusia yang paling tinggi dan ada yang terkecil. Terbesar disini artinya tingginya seperti raksasa, melebihi tinggi manusia normal pada umumnya. Lalu untuk manusia terkecil, tentunya memiliki tinggi badan yang lebih kecil dibandingkan manusia pada umumnya. Hal ini normal terjadi karena ada pengaruh hormon dan pertumbuhan pada umumnya atau karena terserang penyakit. Inilah manusia terbesar dan terkecil di dunia.

Manusia Terbesar Di Dunia

  • Robert Wadlow

Sep. 13, 1938: World’s tallest man Robert Wadlow.

Robert wadlow sampai sekarang masih memegang rekor manusia terbesar di dunia. Tingginya mencapai 2,72 meter. Robert wadlow lahir pada tanggal 22 februari 1818. Dia dikenal dengan sebutan giant of lilionis atau alton giant. Pertumbuhan tinggi badanya yang sangat cepat diakibatkan oleh penyakit hyperlasia. Penyakit tersebut menyerang pada bagian kelenjar otak. Penyakit hiberlasia membuat pertumbuhan hormon tak terkendali. Akhirnya membuat pertumbuhan badannya semakin tinggi. Robert wadlow meninggal dunia di umur 22 tahun karena penyakit tersebut menyerang sistem kekebalan tubuhnya. Penyakitnya semakin parah sehingga dia meninggal pada tanggal 15 july 1940. Dia dimakamkan di daerah oakwood cemetery illinois.

  • John Rogan

John William Rogan (February 16, 1865 – September 12, 1905) Manusia terbesar ke 2 di dunia

Di dalam daftar manusia terbesar dan terkecil di dunia, john rogan termasuk ke dalam manusia terbesar atau tertinggi di dunia ke 2. Dengan nama lengkap john william rogan. Dia lahir pada tanggal 16 februari 1865. Tingginya mencapai 2,44 meter, dia tercatat di buku rekok dunia. Pertumbuhan tingginya ini disebabkan oleh penyakit ankylosis. Penyakit ini menyebabkan sendi pada tubuhnya sulit digerakan dan kaku. Menjelang ajalnya, pertumbuhan tinggi badanya semakin tak terkendalikan. Tinggi badanya mencapai 2,67 meter. sebagai orang afrika, dia tercatat sebagai manusia tertinggi sepanjang sejarah. Karena penyakitnya yang tak kunjung sembuh, dia meningal pada 12 september 1905. Mayatnya dikuburkan di pemakanan khusus, supaya mencegah tubuhnya dilakukan penelitian oleh para peneliti.

  • Leonid Stadnyk

Leonid Stadnyk, August 5, 1970. Manusia tertinggi dan terbesar di dunia ke 3

Leonid Stadynk lahir di ukraina pada 5 agustus 1970. Dia termasuk manusia tertinggi yang memiliki tinggi 2,54 meter. pertumbuhan tingginya yang tidak normal ini terjadi setelah dia menjalani operasi otak di umur 14 tahun. Operasi otak yang dia jalani, menyebabkan pertumbuhan tumor pada kelenjar otaknya. Sehingga membuat hormon pertumbuhannya tidak terkontrol. Sehingga dia di diagnosa menderita penyakit acromegalic Gigantism. Rekor tinggi badan yang dia terima, tidak dimasukan ke dalam buku rekor Guiness, karena dia tidak mau namanya masuk ke dalam rekor guiness book. Tetapi buku rekok ukrainan mencatat tingginya mencapai 2,57 meter.

  • Vaino Myllyrinne

Väinö Myllyrinne, (27 February 1909, Helsinki – 1963, Järvenpää, Finland)

Manusia dengan tubuh tertinggi seanjutnya adalah vaino Myllyrinne. Dia dinobatkan sebagai manusia tertinggi di dunia karena mencapai 2,51 meter ketika dia berumur 30 tahun. Vaino Myllyrinne lahir pada tanggal 27 februari 1909. Pertumbuhan tingginya yang sangat fantastis ini juga dikarenakan sebuah penyakit. Dia menderita penyakit acromegalic giant. Penyakit ini membuat hormon pertumbuhannya tidak terkendali. Tapi dari penyakit inilah yang membuat dirinya dikenal oleh banyak orang. Bahkan dia pernah mengikuti pelatihan tentara pada tahun 1929. Di tahun 1930, Vaino pergi ke eropa untuk mencoba menjadi pemain sirkus dan pegulat. Di tahun 1939, dia kembali ke finlandia dan menjadi pasukan finlandia. Di tahun 1946, dia mencoba menjadi peternak di jarbenpaa dan pada tahun 1963 dia menghembuskan nafas terakhirnya.

  • Edouard Beaupre

January 9, 1881, Willow Bunch, Canada

Edouard Beaupre terkenal sebagai manusia tertinggi di dunia selanjutnya, yakni menduduki nomor ke 5. Tinggi badanya mencapai 2,52 meter. selain dikenal sebagai manusia tertinggi di dunia, edouard juga dikenal sebagai pegulat paling kuat dan tinggi di sepanjang sejarah. Karena tinggi badanya yang diluar orang normal ini, dia bergabung dengan tim sirkus barnum and baileys circus. Setiap atraksinya selalu ditunggu oleh para penonton pada waktu itu. Beaupre meninggal pada tanggal 3 juli 1904 di rumah sakit St.Louis.

Daftar Manusia Terkecil Di Dunia

  • Ajay Kumar

Indian comedy star Ajay Kumar, Manusia terpendek di dunia

Ajay kumar dinobatkan sebagai manusia terkecil di dunia. Tinggi badanya hanya 75 cm dan tercatat di buku record dunia. Ajar kumar merupakan aktor komedi dunia. Dia sudah membintangi lebih dari 50 film sejak umur 13 tahun. Ajay kumar lebih dikenal dengan nama unda pakru. Dengan tubuhnya yang kecil dan aktingnya yang keren, dia terkenal dan mendapat ketenaran. Bahkan dia pernah dianggap sebagai seorang lelaki yang sukses dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang suami idaman yang baik untuk anak-anak. Ajay kumar menikah pada tahun 2005 dengan seorang wanita bernama gayatri. Istrinya memiliki tinggi yang normal sekitar 150 cm. Bahkan pernikahanya di siarkan di seluruh televisi lokal india barat daya.

  • Edward Nino Hernandez

Edward Nino Hernandez, Manusia terkecil di dunia

Pada tanggal 4 september 2010, guinness world record menobatkan edward nino hernandez sebagai manusia terkecil di dunia. Tinggi padanya hanya 0,7 meter dan pada saat itu dia berumur 24 tahun. Berat badannya hanya sekitar 10 kg saja. pertumbuhan badanya terhenti ketika dia berulang tahun yang ke 2. Dia tinggal di daerah bogota, kolombia. Sampai saat ini belum diketahui kenapa pertumbuhan badannya terhenti. Dia masih tetap hidup normal seperti orang pada umumnya, walaupun tubuhnya kecil.

  • Khagendra Thapa Magar

Khagendra Thapa Magar, Wanita terkecil dan terpendek di dunia

Ketika tahu tentang manusia terbesar dan terkecil di dunia, anda mungkin penasaran dengan daftar manusia terkecil di dunia. Khagendra thapa magar termasuk manusia terkecil di dunia. Dia dinobatkan sebagai manusia terkecil di dunia oleh genuiess book pada 14 oktober 1992. Pada saat itu tingginya hanya 0,67 meter. khagendra menggantikan edward nino hernandez semakin pria terpendek di dunia. Pada saat itu di hanya berumur 18 tahun. sampai saat ini khagendra Thapa magar masih hidup dengan baik, layaknya orang normal. Penyebab pertumbuhannya terhambat tidak diketahui secara jelas penyebabnya.

  • Stacey Herald

Stacey Herald, Ibu terpendek yang pernah ada

Stacey herald termasuk ke dalam manusia terkecil di dunia. Tingginya hanya sekitar 70 cm. Walaupun tumbuhnya kecil tapi sampai saat ini dia sudah melahirkan tiga orang anak yang lucu-lucu. Oleh karena itu dinobatkan sebagai ibu terkecil di dunia. Walaupun sudah beberapa kali mendapatkan peringatan untuk tidak hamil lagi, karena bisa membahayakan hidupnya. Tapi dia tetap ingin punya anak dan anaknya bisa lahir dengan baik. Wanita yang berasal dari dry ridge, kentucky AS ini menderita penyakit Osteogenesis imperfecta. Sehingga membuat tulangnya rapur dan organ parunya berkembang. Inilah yang membuat pertumbuhan tubuhnya terhambat. Suaminya bernama will dan tingginya 175. Setiap harinya dia berada di kursi roda. Ketika hamil dia hanya berada di tempat tidur, karena sulit untuk bergerak.

  • Junrey Balawing

Junrey Balawing, manusia terpendek dari philipina

Junrey balawing saat ini masih dinobatkan sebagai manusia terkecil di dunia saat ini. junrey balawing berasal dari filipina. Pada umurnya yang ke 18 tahun, oleh Guinness qorld record dinobatkan sebagai manusia terkecil di dunia. Tinggi badannya hanya sekitar 23,5 inchi saja. junrey balawing merupakan anak dari pandai besi di daerah sindangan filipina selatan. Sejak berusia 2 bulan, tubuhnya berhenti tumbuh. Tidak bertambah tingginnya sama sekali. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab pertumbuhan badanya terhenti.

Itulah daftar manusia terbesar dan tertinggi di dunia yang harus anda ketahui. Setiap manusia memiliki keunikan tersendiri. Pertumbuhan yang terlalu tinggi atau terlalu pendek bisa disebabkan oleh perbagai penyakit. Sehingga membuat hormon pertumbuhannya diluar kendali atau malah terhenti sama sekali. Dari keunikan inilah yang membuat semua orang istimewa dengan apa yang ada dirinya sendiri. Tak perlu meninggikan atau merendakan orang lain, karena semua orang punya keunikan tersendiri. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *