Menu

Jejak Peninggalan Makam Nabi Adam As

Sebagai seorang muslim kita harus tahu sejarah nabi. Nabi yang menyebarkan seluruh ajaran islam di dunia. Ada 25 nabi yang harus kita percayai. Nabi pertama dan yang menjadi manusia pertama di bumi adalah nabi adam AS. Sampai saat ini hanya nabi adam sajalah, yang belum ditemukan secara jelas makamnya. Makam nabi adam memang belum diketahui kejelasnnya. Ada yang bilang makamnya berada di india, ada yang bilang di makkah dan ada juga di baitul maqdis palestina. Hal ini memang belum diketahui kepastiannya.

Kisah Kematian Nabi Adam AS

Pada saat nabi adam AS sakaratul maut, malaikat datang membawa kafan, wewangian, sekop, kapak dan cangkul. Hawa mengenali kedatangan malaikat dan berlindung ke Adam. Tetapi adam menyuruh hawa untuk menjauh dan membiarkan beliau bersama malaikat. Lalu malaikat pencabut nyawa, menyabut nyawanya, memandikan, mengkafani, memberikan wewangian, membuat liang kubur, menyolatkan dan memasukan ke dalam liang lahat. Lalu malaikat berkata, wahai bani adam ini adalah sunah yang harus dilakukan kalian. Semua hal yang dilakukan oleh malaikat diperhatikan oleh anak-anak adam. Inilah yang diajarkan turun temurun sampai sekarang bagaimana cara memandikan, mengkafani dan menguburkan jenazah.

Benarkan Nabi Adam Tingginya Mencapai 30 Meter

Beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan dengan ditemukannya makam nabi adam AS. Foto-foto ini beredar di sosial media. Ada gambar makam yang sangat panjang, ukuran kaki yang besar dan jubah dengan ukuran yang sangat tinggi. Mulai saat itu semua orang berspekulasi kalau nabi adam memiliki tinggi mencapai 30 meter. Apakah ini benar? Nabi adam AS merupakan nabi pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Beliau diturunkan oleh Allah SWT ke bumi karena memakan buah khuldi karena bujuk rayu dari hawa. Nabi adam AS turun ke bumi dan menjalani hidup seperti manusia biasa. Inilah yang menjadi pertanyaan, seperti apa sosok manusia pertama di bumi itu.

Masalah tinggi nabi adam AS ini memang sangat sedikit literaturnya. Beberapa fakta mengatakan bahwa nabi adam dan hawa memiliki tinggi sekitar 60 hasta atau sekitar 30 meter. Hal ini memang sedikit tidak bisa dipercaya, melihat tinggi manusia rata-rata saat ini hanya mencapai 1,5 meter. Menurut sebuah hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Al-Bukhari. Hadist ini mengatakan bahwa nabi adam memiliki tinggi 60 hasta, sehingga tubuhnya sampai tinggi menjulang langit. Ada banyak hadist yang menjelaskan mengenai tinggi dari nabi adam AS. Semua hadist tersebut hadist sahih yang bisa dipercaya keabsahannya. Mungkin semua foto yang beredar di dunia maya, bisa menjadi bukti yang akurat.

Sampai saat ini, manusia tertinggi yang tercatat di Guinness Book of record memiliki tinggi 2, 465 meter. Dia adalah seorang yang berasal dari turki bernama Sultan Kosen. Hal ini memang jauh berbeda dengan tinggi dari Nabi Adam AS yang mencapai 30 meter. Tinggi manusia masih 20 kali lipat dari tinggi nabi adam AS. Seseorang peneliti dari hebrew university bernama Dr Shlomi Lesser. Mengatakan jika tinggi rata-rata manusia saat ini 1,5 meter, berarti tinggi leluhur manusia bisa mencapai 90 kaki atau sesuai dengan 30 meter.

Dari zaman ke zaman, manusia mengalami penyusutan menyesuaikan keadaan lingkungannya. Hal ini juga berhubungan dengan genetik bottlenecek. Jika pada abad ke 17- ke abad 18 tidak ada perkembangan pada dunia gizi, mungkin manusia saat ini bisa memiliki ukuran badan yang lebih pendek dibandingkan tinggi manusia saat ini. itulah sedikit yang bisa dijelaskan mengenai makam nabi adam AS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *