Menu

Inilah Benda Misterius Sejarah Peninggalan Kerajaan Kutai

Ada banyak sekali kerajaan yang ada di indonesia pada zaman dulu. Kerajaan hindu pertama di indonesia adalah kerajaan kutai. Pusat pemerintahan kerajaan kutai berada di muara kaman. Mencari literatur dan fakta mengenai kerjaan tertua di indonesia ini memang cukup sulit. Tetapi sekarang sudah mulai ditemukan benda sejarah peninggalan kerajaan kutai. Dari benda-benda ini kita bisa tahu, seperti apa sejarah dan keberadaan dari kerjaan kutai pada zaman dulu. Ada tiga daerah yang dulunya menjadi kekuasaan kerajaan kutai yaitu kabupaten kutai kartanegara, kabupaten kutai barat, dan kabupaten kutai timut. Semuanya masuk ke provinsi kalimantan timur. Untuk lebih jelasnya berikut ini benda peninggalan sejarah kerajaan kutai.

1. Ketopong Sultan

Jika mengunjungi museum nasional jakarta, anda akan melihat sebuah mahkota berwarna emas yang menyala. Mahkota ini merupakan mahkota dari sultan kerajaan kutai dan biasa disebut dengan ketopong. Ketopong ini selalu digunakan oleh sultan kerajaan kutau selama masa jabatannya dan ketopong ini terbuat dari emas. Beratnya mencapai 1,98 kg. Benda peninggalan sejarah kerajaan kutai ini ditemukan di daerah mura kaman kuati kertanegara. Ditemukan pada tahun 1890. Ketopong sultan yang berada di museum mulawarman merupakan ketopong tiruan. Yang aslinya di simpan di museum nasional jakarta.

2. Prasasti Yupa

Benda sejarah peninggalan kerajaan kutai selanjutnya adalah prasasti yupa. Prasasti yupa ini menjadi bukti tertua dari kerajaan kutai. Dari prasasti yupa inilah, semua orang jadi tahu adanya kerajaan kutai di kalimantan timur. Di prasasti ini terdapat tulisan-tulisan mengenai kerajaan kutai. Tulisan tersebut menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallawa. Dari tulisan sansekerta di prasasti yupa ini, dijelaskan mengenai sejarah dan keberadaan kerajaan kutai di muara kaman, hulu sungai mahakam kalimantan timut. Selain itu juga diceritakan tentang kehidupan sosial, politik, dan budaya dari kerajaan kutai.

3. Kalung Ciwa

Kalung ciwa ini juga merupakan benda peninggalan sejarah dari kerajaan kutai. Kalung ini ditemukan di danau lipan muara kaman, tepatnya pada tahun 1890. Pada masa ini daerah muara kaman sedang di pemerintah oleh sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sampai saat ini kalung jiwa ini turun temurun digunakan oleh sultan di daerah muara kawam. Tetapi hanya digunakan pada saat ada pesta penobatan sultan baru saja.

4. Kura-Kura Emas

Berbeda dengan yang lainya, benda sejarah dari kerajaan kutai ini memiliki bentuk yang unik yaitu kura-kura emas. Saat ini peninggalan dari kerajaan kutai ini terdapat di museum mulawarman, kura kura emas ini ukurannya sekitar kepalan tangan manusia. Dulunya ditemukan di daerah long lalang, hulu sungai mahakam. Kura-kura emas ini merupakan pemberian dari kerajaan china yang diberikan kepada putri raja kutai untuk tanda mempersunting putri dari raja kutai ini.

Sebenarnya masih banyak sekali benda sejarah peninggalan kerajaan kutai. Ada pedang sultan kutai yang berada di museum nasional jakarta, keris bukit kang, singgasana sultan yang ada di museum mulawarman, dan masih banyak lainnya. Dari benda-benda sejarah tersebut, kita jadi tahu seperti apa kehidupan dan sejarah dari kerajaan kutai. Kapan kerajaan kutai mengalami kemunduran, masa kejayaan, sejarah berdirinya dan masih banyak lainnya. Sampai saat ini semua peninggalan sejarah tersebut masih tersimpan rapi di museum nasional jakarta dan museum mulawarman. Sebagai penerus bangsa kita harus tahu sejarah dari bangsa indonesia sendiri. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *