Menu

5 Proses Tahap Perkembangan Manusia

Manusia termasuk makhluk hidup yang paling sempurna di dunia ini. diberikan otak untuk berpikir. Memiliki organ tubuh yang lengkap, bisa berjalan, berlari, berbicara, mendengar dan lainnya. Manusia lahir dan berkembang dari tahun ke tahun menjadi seseorang yang lebih dewasa. Kita sebagai manusia selalu tumbuh dan berkembang. Menyesuaikan keadaan lingkungan. Dari yang kecil menjadi seseorang dengan tubuh yang lebih besar atau dewasa. Dari janin sampai tua lagi dan akhirnya meninggal. Dari organ yang belum lengkap sampai organ yang lengkap. Perkembangan pada manusia tidak hanya perkembangan fisik saja, tetapi juga perkembangan mental. Dari orang yang tidak tahu apa-apa menjadi orang yang tahu banyak hal. Sebagai manusia kita harus bisa menyesuaikan lingkungan dan tumbuh berkembang. Berikut ini tahap perkembangan manusia yang harus anda pahami sejak di dalam kandungan sampai dewasa. Mulai dari perkembangan fisik sampai perkembangan mental manusia.

Tahap Didalam Kandungan (Embrionik)

Tahap Perkembangan Manusia Didalam Kandungan

Perkembangan manusia yang pertama kali tentunya ketika didalam kandungan. Tentunya embrio terjadi karena adanya proses pembuahan antara sel telur ibu dan sperma dari ayah. Manusia berada didalam kandungan selama 9 bulan 10 hari. Pada trimester pertama (tiga bulan pertama). Embrio berbentuk janin dengan panjang sekitar 5,5 cm. Di awal trimester pertama bentuknya belum sempurna, setelah itu tumbuh menjadi janin dengan ukuran yang lebih besar. Terutama pada bagian kepala yang lebih besar. trimester pertama akhir, janin sudah bisa menggerakkan kaki dan tangannya. Lalu pada trimester kedua janin sudah mulai berkembang lebih besar. panjangnya mencapai 19 cm.

Pada trimester kedua tangan dna kaki sudah mulai berkembang dan lebih besar. bentuknya sudah menyerupai manusia. Di trimester kedua ini, detak jantung sudah mulai ada dan gerakan janin sudah sangat aktif. Kemudian tahap perkembangan manusia masuk ke trimester ketiga. Tubuh proposional bayi sudah terlihat di trimester ketiga ini. ukuran tubuhnya sudah besar dan pergerakannya sudah sangat aktif. Mendekati kelahiran panjang bayi bisa mencapai 50 cm. Pada umur 9 bulanan, bayi akan lahir ke dunia dan memulai tahapan balita.

Tahap Balita

Tahap balita terjadi sejak umur 0-5 tahun. Masa balita awal kaki belum bisa buat berjalan dan tangan belum bisa digunakan untuk memegang. Bayi hanya boleh mendapatkan minuman dna makanan dari ASI (air susu ibu). Bulan bertambah berkembangnya juga akan bertambah. Bayi mulai bisa tidur terbalik, merangkak dan lainnya. Di umur 6 bulan ke atas, bayi sudah bisa diberi pendamping ASI. Organ-organ juga akan semakin berkembang. Lalu pada umur 1 sampai 2 tahun. balita akan mulai belajar berjalan, mengendalikan organ tubuh lainya dan mulai berbicara sedikit demi sedikit. Umur 3 sampai 5 tahun, balita sudah mulai berjalan dengan lancar dan bisa menerima informasi dengan mudah. umur ini bagus untuk perkembangan otak anak oleh karena itu harus dijaga dengan baik.

Tahap Anak-Anak

Tahap proses perkembangan masa anak anak

Tahap pekembangan manusia pada fase anak-anak mulai dari umur 5-12 tahun. Pada tahap ini pertumbuhan fisik akan semakin meningkat. Pertumbuhan akan lebih cepat. Kemampuan mental dan koordinasi otot juga semakin meningkat. Pada tahap ini, anak-anak mulai belajar banyak hal. Termasuk belajar mengenal angka dan huruf. Saat ini ada banyak pra sekolah untuk membantu perkembangan anak. Pada umur 7 tahun, anak-anak akan masuk ke sekolah dasar. Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, anak-anak di umur ini harus diawasi dengan hati-hati. Anak-anak sudah mulai merasakan emosi. Rasa penasaran juga sudah ada. Jadi sebagai orang tua harus paham dengan perkembangan anak dengan baik.

Tahap Remaja

Proses tahap remaja

Pada tahap ini perkembangan organ reproduksi sudah mulai terlihat. Entah itu pada laki-laki maupun wanita. Perubahan fisik jelas terlihat pada tahap ini. Remaja mulai dari umur 12 tahun sampai 17 tahun. Biasanya organ reproduksi wanita lebih cepat berkembang dibandingkan organ reproduksi laki-laki. Pertumbuhan pada wanita bisa ditandai dengan payudara dan pinggul yang membesar, kulit menjadi lebih halus, mulai muncul banyak jerawat, tumbuh rambut pada ketika dan kemaluan, suara yang lebih kecil dan lembut serta yang paling terlihat adalah mulai menstruasi. Setiap wanita memulai masa mestruasinya berbeda-beda. Ada yang dari umur 12 tahun, 13 tahun lainnya. Dari menstruasi pertama sampai ke menstruasi kedua biasanya berjarak beberapa bulan. Sampai akhirnya setiap bulan selalu menstruasi.

Pada laki-laki juga mengalami perubahan fisik dan organ reproduksi yang sangat terlihat. Tahap perkembangan manusia ini menjadi suatu hal yang normal. Ciri-ciri perubahan pada laki-laki bisa ditandai dengan mimpi basah. Laki-laki yang sudah mengalami mimpi basah berarti dia sudah semakin dewasa. Yang dikeluarkan ketika mimpi basah bukanlah air kencing tetapi sperma dari dalam tubuh kita. Selain itu dapat dilihat dari suaranya yang menjadi lebih besar dan berat, dada yang terlihat semakin bidang dan lebar, jakun semakin membesar, tumbuh rambut pada kemaluan dan ketiak. Di tahap ini, pria dan wanita sudah mulai merasa ketertarikan dengan lawan jenis dan emosi yang tidak terkendali.oleh karena orang tua harus bisa memperhatikan dengan baik pada tahapan ini.

Tahap Dewasa

Tahap dewasa dimulai dari umur 18 tahun sampai 50 tahunan. Pada tahapan ini ada bagian tahap awal dewasa, tengah dan akhir dewasa. Pada awal tahapan, perkembangan tumbuh manusia seperti peralihan dari masa remaja ke masa dewasa. Dari perkembangan fisik semakin maksimal. Seperti pada wanita pertumbuhan payudara yang semakin membesar. Laki-laki yang semakin terlihat bidang dadanya dan lain sebagainya. Perkembangan mental juga semakin besar. DI tahap ini bisa membuat seseorang semakin baik atau malah semakin buruk. Lingkungan sangat mempengaruhi di masa ini. Dia sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk, tapi masih mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Lalu di tahap pertengahan, manusia akan semakin mengenal siapa dirinya. Mulai tahu arah mana yang akan mereka tuju. Di tahap ini, pertumbuhan fisik sudah tidak begitu terlihat. Semua organ tubuh sudah tumbuh dengan maksimal. Ada yang menjadi lebih sehat jika selalu menjaga tubuhnya dengan baik atau malah terlihat buruk ketika dia tidak bisa menjaga kesehatan tubuhnya. Di umur 25 tahun ke atas, seorang wanita harus bisa menjaga kulitnya dengan baik. Supaya tidak terjadi penuaan dini. Penggunaan kosmetik anti aging sangat dibutuhkan. Untuk laki-laki di umur ini terlihat lebih matang, di Tahap perkembangan manusia akhir dewasa, manusia lebih ke perkembangan psikologi. Di tahap ini fungsi tubuh juga mulai melemah, terutama untuk orang yang tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik.

Tahap Masa Tua

Di tahap ini sudah mulai banyak terjadi kemunduran. Terutama untuk fungsi organ-organ tubuh. Mulai dari umur 50 tahun ke atas. Jika orang tersebut tidak menjaga kesehatannya dengan baik, banyak organ tubuh yang sudah menurun fungsinya. Dari kulit yang semakin keriput, terutama di bagian wajah yang sangat terlihat. Lalu tubuh semakin melemah, kesehatan menurun, kecerdasan menurun dan daya ingat menurun. Terutama sudah memasuki umur 60 tahun ke atas. Tetapi ada beberapa orang tua, walaupun sudah berumur 60 tahun ke atas masih tetap sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan dirinya yang selalu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Di usia lanjut manusia seperti kembali lagi menjadi seorang bayi. Apalagi jika kesehatan tubuhnya sudah menurun. Untuk jalan harus menggunakan tongkat, daya ingat melemah, dan lainnya, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk istirahat. Mata sudah tidak bisa melihat dengan jelas dan telinga tidak bisa mendengar dengan baik. Untuk bisa menjalankan masa tua yang sehat, anda harus bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Lakukan olahraga, selalu berpikir positif dan lainnya. ini akan membantu pertumbuhan tubuh tetap baik. Itulah tahap perkembangan manusia yang bisa anda ketahui. Setiap orang memiliki umur yang berbeda-beda. Tidak semua orang bisa sampai ke masa tua. Jadi nikmatilah hidupmu saat ini sampai ajal menjemput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *